Trik mengeringkan Handphone yang basah

Handphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi kebanyakan orang. Mulai dari yang sederhana sampai dengan yang canggih dan mahal. Tapi bayangkan jika HP yang kita miliki harus dipensiunkan karena basah. Mengesalkan bukan? Parahnya lagi, HP rusak karena basah cukup sering terjadi. Seperti kehujanan, kecemplung, atau bahkan karena ditaruh ke dalam gelas minum oleh anak-anak.

http://2.bp.blogspot.com/_QbAf7sBBgLE/TS-sR3qaslI/AAAAAAAAAF0/9y-Q6sK4rt0/s400/phone+in+water.jpg

Sebelum memutuskan untuk 'mengakhiri hidup' sang HP, ada baiknya kita coba trik berikut untuk menyelamatkannya.

1. Matikan Handphone
Jika handphone masih dalam keadaan menyala, segera matikan untuk menghindari korsleting di dalamnya. Buka casing dan cabut baterai.

2. Keringkan Handphone
Keringkan permukaan handphone dengan lap bersih untuk menghilangkan sisa air. Jangan lupa untuk mengelap bagian dalamnya juga. Terutama bagian untuk kontak baterai dan sim card.

3. Siapkan Wadah Kedap Udara (Tupperware)
Siapkan wadah kedap udara, seperti Tupperware atau lainnya. Lap bagian dalam untuk memastikan wadah dalam keadaan kering dan bersih.

4. Tuangkan Beras ke Dalam Wadah
Beras? Yup Beras. Beras mempunyai kemampuan untuk menyerap air dan ini dilakukan untuk menghilangkan sisa air yang mungkin terdapat pada bagian dalam HP. Masukkan beras ke dalam wadah dan setelah itu masukkan HP beserta baterai ke dalamnya. Biarkan HP 'terendam' dalam taburan beras.

http://3.bp.blogspot.com/_QbAf7sBBgLE/TS-vzhFV92I/AAAAAAAAAF4/d85EmWejNok/s400/phone+in+rice.jpg

Selain itu, bisa juga menaruh silica-gel untuk membantu penyerapan air yang lebih baik. Jika dirasa perlu, anda dapat pula membungkus atas wadah dengan plastik cling-wrap. Setelah siap, segera tutup wadah.

5. Biarkan Beberapa Jam
Letakkan wadah di tempat yang kering dan aman. Biarkan selama beberapa jam sebelum HP dinyalakan kembali.

Mudah bukan?

Oh ya, beras yang sudah terpakai tadi sebaiknya tidak digunakan lagi karena mungkin sudah terkontaminasi oleh baterai ataupun HP itu sendiri.

Sumber : www.rumahyogurt.com
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: