Biografi singkat Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon, seringkali dipanggil Gigi Buffon lahir di Carrara pada tanggal 28 Januari 1978; umur 32 tahun, ia adalah kiper utama di tim nasional sepak bola Italia serta kiper utama tim sepak bola Juventus FC. Gianluigi Buffon dilahirkan dalam sebuah keluarga sepakbola.

Ia mulai bermain sepak bola pada Canaletto Youth Academy, sebuah organisasi amatirdi La Spezia, dan ketika ia semakin besar ia bergabung dengan Perticata, sebuah tim amatir di Carrara. Karena fisiknya yang kuat, Ia diposisikan sebagai seorang Striker pada kedua tim tersebut.



Pada umur 12 tahun ia bergabung dengan Bonascola dan di umur 13 tahun ia bergabung dengan Parma. Suatu hari pada umur 14 tahun ia dipaksa untuk bermain pada posisi kiper karena kedua kiper yang ada mengalami cedera. Hanya dalam waktu dua minggu, ia menjadi kiper utama secara regular, sama seperti idolanya Thomas N’Kono, Kiper terkenal asal kamerun yang bermain pada iala Dunia tahun 1990 di Italia.



Setelah Gigi bergabung dengan Parma, karirnya terus menanjak dengan cepat dan dia menjalani debutnya di umur 17 tahun, pada pertandingan UEFA Cup menghadapi Halmstad (pertandingan berkesudahan 0-0) dan pada pertandingan menghadapi AC Milan (kembali dengan hasil 0-0)Prestasinya yang mencolok membuat ia ditawar oleh tim raksasa Juventus, ia pun menandatangani kontrak dengan Juventus pada musim panas tahun 2001 sebesar 52 juta euro, rekor transfer terbesar untuk seorang penjaga gawang saat itu.

Dia adalah faktor penting di Juventus. Buffon sudah tampil di ratusan pertandingan di Juventus dan sudah mempersembahkan 2 gelar liga Italia untuk Juventus. Pada musim panas 2006 ketika Juventus itu diturunkan ke Serie A Italia sebagai hukuman atas partisipasi mereka dalam skandal calcioploi, Buffon adalah salah satu dari beberapa pemain yang tetap bertahan di Juventus.



Prestasi dan penampilan hebat di level klub juga menular di level Timnas. Dia melakukan debut untuk Timnas Italia ketika dia baru berusia 19 tahun, kala itu Italia melawan Rusia dalam laga Play-off Piala Dunia 1998. Prestasi terbaiknya di Timnas adalah saat ia menjuarai Piala dunia bersama Italia pada tahun 2006.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: