Huashan, Gunung suci yang kini menjadi terlarang

Awalnya, Huashan adalah satu dari lima gunung yang dianggap suci di China. Makanya, gunung yang berada di kawasan provinsi Shaanxi menjadi salah satu tujuan favorit pariwisata.

http://blog.hotelclub.com/wp-content/uploads/2008/08/huashan4.jpg

Sayang, bencana alam mengubah segalanya. Otoritas setempat, sebagaimana warta Xinhua pada Rabu (25/8/2010), mengatakan, tanah longsor hingga 3.000 meter kubik membuat gunung itu menjadi gunung bencana. Tanah sebanyak itu mengubur 30 meter jalan di situ. Akibatnya, 200-an turis sempat terperangkap.

"Untuk sementara, jalan menuju ke Gunung Huashan menggunakan jalan setapak," kata Ketua Komite Administrasi Gunung Huashan Huo.

http://www.papamiket.com/wp-content/uploads/2008/02/huashan.jpg

Huo juga menambahkan, dalam insiden itu tidak ada korban. Namun, isu yang muncul adalah dua orang pekerja dikhawatirkan tertimbun longsor. "Sementara jalur ke Gunung Huashan ditutup selama pembersihan tanah dilangsungkan," imbuh Huo.

http://www.cultural-china.com/chinaWH/images/arbigimages/e215aaf8403f36d2eef8e84cbd64dc81.jpg

Selain Huashan, empat gunung yang dianggap suci di China adalah Gunung Tai di kawasan timur provinsi Shandong, Gunung Hengshan di kawasan utara provinsi Shanxi, Gunung Songshan di kawasan pusat provinsi Henan, dan Gunung Hengshan di kawasan pusat provinsi Hunan. Gunung-gunung tersebut menjadi tujuan wisata.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: