Ternyata tinggal di Apartemen bikin cepat tua

Peneliti berhasil membuktikan salah satu teori relativitas Einstein di mana semakin jauh Anda dari Bumi maka waktu akan berlalu dengan cepat pada skala manusia. Ini berarti, meskipun dalam skala kecil, umur Anda akan berjalan dengan cepat jika tinggal di gedung pencakar langit dibandingkan rumah yang menapak di tanah.

http://www.primaironline.com/images_content/2010417apartemen%20propertykita.com.jpg

Penemuan yang dilakukan ilmuwan Amerika Serikat ini menegaskan teori pertama yang diusulkan Einstein bahwa jam akan berjalan lebih cepat seiring Anda menjauh dari tanah. Walaupun konsep tersebut telah diterima selama bertahun-tahun, untuk pertama kalinya, perbedaan ini berhasil diukur dengan akurasi yang mengagumkan.

Menggunakan sepasang jam yang paling akurat di dunia, fisikawan di National Institute of Standards and Technology, Colorado, menemukan bahwa seseorang yang berada di ketinggian usianya berjalan lebih cepat. Dengan bergerak sekitar 10 meter ke puncak tangga, usia Anda akan lebih cepat 900 miliar per detik.

Dan jika Anda menghabiskan hidup Anda di bagian atas pencakar langit Empire State Building yang memiliki tinggi 381 meter maka Anda akan kehilangan satu detik per 104 juta, kata salah seorang peneliti James Chin-Wen Chou.

Meskipun begitu, fenomena yang disebut sebagai pelebaran waktu gravitasi ini tidak akan berdampak pada kehidupan manusia. “Perbedaan tersebut sangat kecil sehingga tidak memberikan dampak praktis dalam geofisika atau bidang lain,” kata Chou lagi.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Science ini dapat digunakan untuk mengukur bumi dan medan gravitasi. Tidak hanya itu, sistem yang dipaparkan ilmuwan ini dapat berguna bagi teknologi penerbangan menyangkut gerak maju pada ketinggian

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: