Kisah Proses Amputasi dengan petunjuk SMS

Boleh jadi, Inilah salah satu kisah yang paling inspiratif dalam dunia kedokteran. Kisah dimana seorang dokter sukarelawan yang belum pernah membedah seseorang akhirnya berhasil melaksanakan operasi bedah amputasi dengan menggunakan petunjuk SMS dari rekannya.

Adalah David Nott, Dokter yang menghebohkan dunia dengan kisahnya ini. Ia adalah salah satu dokter umum yang ikut menjadi tim sukarelawan kedokteran yang bertugas di Kongo. Ia menjadi salah satu dokter yang ikut dalam tim Medecins Sans Frontieres, tim kedokteran yang bertugas di kota Rutshuru.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfYH-PaEvRWByiZY3nhnpetq9nGZfv0PPwzpqESODVRmiGTHPCDDJbu7rMBJ-5nAZUa2_ljCmUxhGQ6-XZXo8Ugx1fzrGu5m8k8KzZGnnyKaXy3UUxH8liVx_r0brR34xmPi42a5ikwL0/s1600/2.jpg

Di sana, ia menemukan ada seorang anak laki-laki berusia 16 tahun yang tanganya patah dan terinfeksi parah. JIkia tidak segera diamputasi, kemungkinan besar nyawa si anak akan terancam karena kuman akan menggerogoti seluruh organ tubuhnya. Masalah utamanya adalah Nott bukan dokter bedah, melainkah hanya dokter umum biasa, sedangkan dalam timnya kebetulan tak ada dokter bedah.

Ia pun kemudian berinisiatif untuk melakukan operasi amputasi dengan petunjuk SMS, Ia mengirimkan pesan kepada rekanya, Meirion Thomas, Dokter bedah pengalaman dari London's Royal Marsden Hospital. Rekan dokter itu memberikan intruksi petunjuk operasi dengan SMS.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXyfx6XWqy8Uvxnm7i_wTLrJwKD3qABh7qrY_H8wBRYHD1LjDW2hDuUjzJ8Wev4X8q2BytktKD0tGqxqvY7KK9llT_Usay83GVJR2CSu5XvKjYKwnZ3qaemUCqddNDy63md6nTobTc9jI/s1600/1.jpg

Dan tanpa diduga, operasi itu berhasil dengan sukses. Sang anak kini sudah sehat kembali setelah operasi amputasi penghilangan tulang selangka dan tulang belikatnya berhasil.

Artikel diambil dari : Sekedar Tahu
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: