Resep Opor ayam kurma

Jamuan lebaran sepertinya kurang komplit tanpa hadirnya opor ayam sebagai lauk ketupat. Atau Anda ingin mencoba opor ayam yang berbeda dari biasanya? Resep opor ayam kurma ini bisa menjadi pilihan hidangan lebaran.

http://l.yimg.com/a/i/sea/id/ramadan/250oporayam.jpg

Opor Ayam Kurma

Bahan:
1 kg ayam, potong-potong
1200 ml santan cair
100 g kurma, buang bijinya
300 ml santan kental
3 sdm minyak goreng

Bumbu:
7 butir bawang merah, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
4 butir kemiri, haluskan
2 cm jahe, memarkan
3 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 sdm air asam jawa
1 sdt gula pasir
1 sdt jintan, sangrai, haluskan
1 sdt ketumbar, sangrai, halsukan
2 sdm bawang merah goreng
½ sdt lada halus
1 sdt garam halus

Cara Membuat:
1. Bumbu potongan daging ayam dengan garam dan air asam, diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, jahe dan bumbu-bumbu lainnya hingga harum. Masukkan potongan daging ayam, masak sambil diaduk-aduk hingga ayam berubah warna.
3. Tuang santan cair, masak hingga santan tinggal separuhnya dan ayam matang. Tambahkan Kurma dan santan kental, masak sambil sesekali diaduk-aduk hingga kuah mengenta. Angkat.
4. Tuang opor ayam ke dalam mangkuk saji. Taburi bawang merah goreng. Sajikan.
Untuk 8 Porsi

Tip: Gunakan perbandingan 1:1 antara santan dan susu tawarc air jika menghendaki kuah opor yang tidak terlalu berlemak. Cabe merah yang dihaluskan bisa ditambahkan dalam resep ini untuk opor ayam pedas.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

Ois Chanel mengatakan...

Resep Opor Ayam - Opor Ayam adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia. Dapur ini sudah dikenal di daerah lain. Juga hampir semua daerah di Indonesia.

Resep opor ayam sebenarnya adalah ayam yang dimasak yang mendapatkan bumbu kental dari santan ditambah dengan berbagai bumbu seperti sereh, kencur dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, festival Idul Fitri biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat, yang disajikan dengan opor ayam dan sambal hati goreng.

Untu membuatnya dibutuhkan resep opor ayam yang sesuai selera setiap individu. Namun pada umumnya setiap resep opor ayam memiliki komposisi yang sama.

Santan dapat dikonsumsi sendiri atau sebagai pengganti susu dalam teh, kopi dan dipanggang. Santan adalah bahan yang biasa digunakan di banyak hidangan tropis dan Asia untuk kari atau penyedap, daging, sayuran, piring atau pelapis. Nasi kelapa adalah nasi yang dimasak dalam santan yang dikonsumsi di Asia Tenggara dan Karibia. Nasi lemak adalah kelapa versi Malaysia, mangkuk serupa adalah nasi uduk di Indonesia. Santan juga digunakan di seluruh Asia untuk membuat pancake, pancake tradisional Asia.

Resep opor ayam berupa daging ayam terbuat dari sapi, unggas yang tumbuh paling tinggi di dunia. Daging ayam selalu disajikan sebagai makanan dengan berbagai cara.

Biasanya (dada, kaki, paha, dll.), Jantung, hati, dan empedu diubah menjadi makanan. Cakar ayam dimakan lebih jarang, meskipun mereka lebih atau kurang hadir dalam masakan Cina.

Di Brasil, santan banyak digunakan di wilayah Timur Laut, umumnya dengan pot ikan dan geladak. Di Kolombia dan Panama, parutan kelapa dan santan digunakan untuk menghasilkan judul yang manis. Di Venezuela, daging kelapa dibuat dengan santan dan tepung ikan dalam mangkuk yang disebut mojito dalam coco. Santan digunakan untuk menyiapkan hidangan tradisional Venezuela seperti majarete, makanan penutup Venezuela dan arroz con cocco, juga dikenal sebagai nasi beras.